Bagaimana Cara Memilih dan Memakai Skin Care bagi Pemula


Kali ini saya harus mengalahkan keengganan saya memakai skin care karena kondisi kulit sudah semakin memprihatinkan. Saya kunjungi e-commerce, telusuri produk kosmetik, dan akhirnya bingung dengan beragam produk yang terdengar sangat asing. Pernahkah Tetangganet juga merasakan kebingungan yang sama?

Assalamu’alaykum, bagaimana cuaca di kota Tetangganet hari ini? Di cuaca yang panas berkepanjangan seperti sekarang ini, kulit saya jadi terasa kering dan kusam. Sebenarnya saya tidak terlalu suka memakai skin care. Namun, karena kulit sudah terasa sangat kering dan mulai iritasi, akhirnya mengalah juga harus belajar sedikit-sedikit tentang skin care.

Jika Tetangganet adalah pengguna skin care pemula seperti saya, tentunya akan sangat bingung dengan banyaknya variasi skin care yang beredar di pasaran. Ada toner, serum, moisturizer, krim wajah, dan lain-lain. Belum lagi, ada berbagai macam zat yang terkandung dalam skin care tersebut. Ada Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Ceramide, dan berbagai nama zat yang terasa sangat asing di telinga.

Pada artikel kali ini, saya memaparkan hasil belajar saya tentang skin care. Semoga dapat bermanfaat untuk Tetangganet yang baru akan mulai memakai skin care seperti saya.

Macam-macam Skin Care

1. Facial Wash

Facial Wash sering juga disebut Facial Foam, pada dasarnya adalah sabun cuci muka. Biasanya digunakan pertama kali sebelum skin care lain. Fungsinya adalah membersihkan kotoran-kotoran yang ada wajah dan sekitarnya. Cara memakainya seperti menggunakan sabun biasa. Basahi wajah, busakan sedikit di telapak tangan, kemudian usapkan di wajah secara merata. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut.

2. Toner

Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada kulit. Toner juga bisa menenangkan kulit yang kemerahan karena iritasi. Toner dipakai setelah facial wash, sehingga kelembapan kulit dapat terjaga.
Toner berbentuk cairan. Cara penggunaannya, tuangkan 2-3 tetes di kapas atau telapak tangan, kemudian usapkan pada wajah dan sekitarnya.

3. Serum

Serum dapat menghidrasi kulit dan juga memperkuat lapisan terluar kulit yang disebut skin barrier. Ketika skin barrier rusak, maka kulit menjadi mudah kering dan kusam. Serum dapat meresap ke dalam kulit dan memperbaiki skin barrier ini.
Seperti toner, serum juga berbentuk cairan. Serum digunakan setelah toner. Tuangkan 3-5 tetes di telapak tangan dan usapkan ke wajah dan leher dengan lembut. Tunggulah beberapa saat agar serum dapat meresap dengan baik ke kulit.

4. Moisturizer Cream

Moisturizer cream atau krim pelembab tentu saja memiliki fungsi utama melembabkan kulit. Kebanyakan krim pelembab juga mengandung zat-zat lain yang dapat menutrisi wajah, memperbaiki skin barrier, atau mencerahkan kulit.
Moisturizer cream dapat dipakai setelah serum meresap. Jika ingin menggunakan tabir surya pada siang hari, maka moisturizer digunakan sebelum mengaplikasikan tabir surya. Cukup oleskan krim secukupnya ke wajah dan ratakan hingga meresap.

5. Sunscreen

Sunscreen dikenal juga dengan sebutan tabir surya. Fungsinya untuk menangkal paparan radiasi yang berlebihan dari sinar matahari. Radiasi UV dari matahari yang berlebihan dapat merusak kulit, bahkan dapat menyebabkan kanker.
Sunscreen biasanya berbentuk gel atau lotion. Pemakaiannya di lapisan paling luar kulit, ketika kita akan beraktivitas di luar rumah di siang hari.


Mengenal Zat-zat yang Terkandung pada Skin Care

Dari tiap-tiap jenis skin care yang dijual, terkandung zat-zat yang seringkali terdengar asing. Ada Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Ceramide, dan lain-lain. Tetangganet jangan bingung ya. Jangan takut juga dengan nama-nama yang terkesan sangat kimiawi ini. Memang kita perlu untuk pelajari mereka satu-satu, agar bisa memahami apa sih manfaat dan resikonya.

1. Niacinamide

Dilansir dari website Siloam Hospitals, Niacinamide adalah salah satu zat turunan vitamin B3. Zat ini dapat membantu membangun lapisan melembapkan kulit, melawan radikal bebas, mengurangi kerutan dan jerawat, dan masih banyak lagi.
Namun, untuk wajah sensitif, sebaiknya menggunakan niacinamide dengan kadar maksimum 2 %, karena semakin besar kadarnya resiko iritasi juga semakin besar.

2. Sodium Hyaluronate

Sodium hyaluronate adalah sejenis garam yang memiliki sifat humectant yang artinya menarik kelembaban. Oleh karena itu, zat ini dipakai untuk menghidrasi kulit. Penggunaan sodium hyaluronate secara topikal diketahui tidak menimbulkan atau menimbulkan sangat sedikit efek samping. Bahkan zat ini dinilai aman digunakan oleh ibu hamil. Namun, jika terjadi iritasi pada penggunaan zat ini, segera bilas wajah dan hentikan penggunaan.

3. Ceramide

Ceramide sebenarnya adalah salah satu asam lemak yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Fungsinya untuk melindungi kulit dan menjaga kelembapannya. Namun, banyak skin care yang sekarang juga menambahkan ceramide dalam komposisinya. Hal ini untuk menambah ‘pasukan’ untuk kulit agar kulit tetap sehat dan tidak kering. Hingga saat ini belum terbukti ada efek samping dari penggunaan zat ini, sehingga bisa dikatakan zat ini aman untuk semua jenis kulit.

4. Tocopheryl Acetate

Tocopheryl Acetate adalah sejenis vitamin E. Dalam dosis yang tepat, zat ini dinilai dapat melindungi kulit dari berbagai bahaya akibat paparan sinar matahari. Beberapa eksperimen menemukan bahwa vitamin E memiliki sifat anti tumorigenik (mencegah pembentukan tumor) dan foto protektif (melindungi dari cahaya).

Selain yang telah saya sebutkan di atas, ada banyak lagi nama-nama komposisi skin care. Tetangganet bisa melakukan riset lebih dalam sebelum membeli agar terhindar dari resiko seperti alergi atau kurang cocok dengan kulit wajah.


Cara memilih skin care yang tepat

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Amati jenis kulit Tetangganet, apakah normal, kering atau berminyak. Sesuaikan pilihan produk Tetangganet dengan jenis kulitnya.

2. Baca komposisi dan aturan penggunaan dengan baik

Bacalah panduan dari produsen, apakah skin care tersebut cocok untuk jenis kulit tertentu, dan apa saja bahannya. Khusus kulit sensitif, biasanya juga akan disebutkan.

3. Cari testimoni atau review dari pengguna lain

Coba cek di berbagai media sosial, pengalaman pengguna lain yang sudah menggunakan skin care yang ingin Tetangganet pakai. Cari tahu juga dari teman, saudara, atau kenalan yang sudah pernah menggunakan produk ini. Biasanya, saudara atau teman dekat akan memberikan review yang jujur dan terbuka. Walaupun begitu, penting disadari bahwa kulit setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Hal ini bisa Tetangganet jadikan pertimbangan juga dengan membandingkan jenis kulit Tetangganet dengan jenis kulit teman yang memberikan review.

4. Coba dulu skin care di salah satu sudut kulit

Jangan langsung diaplikasikan ke seluruh wajah ya, Tetangganet. Oleskan sedikit di salah satu sudut kulit, misalnya di lengan, dan tunggu selama 24 jam. Amati dengan seksama perubahan yang terjadi. Jika terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.

Urutan Memakai Skin Care

Jujur awalnya bingung sekali, ketika dihadapkan dengan beragam jenis skin care. Mana dulu yang harus dipakai dan kapan dipakainya. Lalu secara kebetulan, saya diperkenalkan dengan produk Saviosa. Dari situlah saya mempelajari juga berbagai skin care lainnya. Secara umum, urutan-urutan menggunakan skin care hampir sama.

Pada pagi hari,
  1. Cuci muka dengan facial wash, lalu keringkan dengan handuk bersih
  2. Tuangkan 2-3 tetes toner ke kapas (jika kulit berminyak) atau ke telapak tangan (jika kulit kering), usapkan ke kulit
  3. Tuangkan 3-5 tetes serum ke telapak tangan, lalu usapkan ke kulit, tunggu 1-3 menit hingga meresap
  4. Oleskan moisturizer cream ke wajah secara lembut dan perlahan hingga krim meresap.
  5. Aplikasikan sunscreen ke wajah secukupnya, untuk mengurangi efek sinar matahari.

Pada malam hari,
  1. Cuci muka dengan facial wash, lalu keringkan dengan handuk bersih
  2. Tuangkan 2-3 tetes toner ke kapas (jika kulit berminyak) atau ke telapak tangan (jika kulit kering), usapkan ke kulit
  3. Tuangkan 3-5 tetes serum ke telapak tangan, lalu usapkan ke kulit, tunggu 1-3 menit hingga meresap
  4. Oleskan krim mata di area sekitar mata secukupnya hingga meresap
  5. Oleskan moisturizer cream ke wajah secara lembut dan perlahan hingga krim meresap.
Jumlah tetes silakan Tetangganet sesuaikan dosis rekomendasi masing-masing merek produk. Di sini saya menggunakan Saviosa sebagai referensi saja ya.


Saviosa Hydra Glow Brightening Series

Ngomong-ngomong soal skin care yang bisa melembabkan kulit kering dan kusam, Saviosa telah mengeluarkan Saviosa Hydra Glow Brightening Series. Dilihat dari kata ‘Hydra’ di namanya saja, pasti Tetangganet bisa menebak bahwa seri ini memang sengaja dirancang untuk menghidrasi kulit.

Saviosa Hydra Glow Brightening Series terdiri dari toner, serum dan moisturizer cream. Ketiga produk ini mengandung bahan-bahan yang dapat melembabkan dan juga memperbaiki kondisi kulit kulit. InsyaAllah, aman untuk pengguna skin care pemula yang kulitnya masih ‘polos’ seperti saya.

Ingin tahu lebih dalam tentang produk ini? Baca selengkap di artikel Rekomendasi Skin Care Berbahan Alam untuk Menghidrasi Kulit Kering



Sumber:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/sodium-hyaluronate-in-skin-care#summary
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-niacinamide
https://www.alodokter.com/mengenal-ceramide-dalam-produk-skincare
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4976416/
Foto cover oleh pmv chamara dari Unsplash

0 Komentar