ASUS ZENBOOK DUO (UX8406) : Laptopnya Para Ibu Bekerja Masternya Multitasking

 


Assalamu’alaykum, Tetangganet, bagaimana kabarnya hari ini? Hari ini saya merasa sangat bersemangat karena ASUS baru saja meluncurkan sebuah laptop baru yang membuat saya terpukau. Saya yakin setelah membaca artikel ini, Tetangganet juga bakalan tergiur untuk mendapatkan laptop ini. Laptop apa sih?

ZENBOOK DUO (UX8406) Laptopnya Master Multitasking

Pertama kali melihat rilis video laptop ini, hal pertama yang muncul di pikiran saya adalah “Fix! Ini laptop pas banget untuk para working mom yang suka multitasking.”

Tetangganet tahu, kan, bagaimana kompleksnya cara berpikir ibu-ibu. Hmmm.. memang Allah ciptakan ibu-ibu itu memiliki kemampuan multasking yang luar biasa. Semua-muanya bisa tertangani pada saat yang bersamaan. Bisa masak sambil momong anak. Bisa kerja sambil menemani anak mengerjakan PR. Bisa beberes rumah sambil ngingetin anak. Pokoknya canggih deh, punya kesadaran 360° terhadap lingkungan sekitar.

Ketika sedang bekerja di kantor pun, banyak ibu-ibu yang tanpa sadar juga melakukan multitasking. Coba deh, cek ada berapa tab atau aplikasi yang sedang ibu-ibu buka saat ini? Saya yakin, pasti lebih dari satu. Saya juga begitu kok, ibu-ibu.

Nah, laptop Zenbook Duo (UX8406) ini bakal sangat membantu Tetangganet, khususnya ibu-ibu, ketika sedang bekerja multitasking. Kok bisa? Memangnya apa istimewanya Zenbook Duo ini? Yuk, scroll lebih lanjut!

Zenbook DUO UX8406 banner


Laptop Canggih dengan Dua Layar

Pernahkah Tetangganet merasa bekerja dengan satu layar itu nggak cukup? Saya sering! Sampai akhirnya memutuskan membeli layar eksternal yang super gede. Sayangnya layar eksternal itu tidak bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Selain besar, berat, dan harus bawa-bawa kabel power dan HDMI yang bikin super ribet. Apalagi kemana-mana butuh akses ke stopkontak. Duh, nggak bisa bebas WFA (Work From Anywhere), deh!

Dari sinilah hadir Zenbook Duo untuk mengatasi kebutuhan kita akan layar yang besar, tapi tetap mudah dibawa kemana saja. Zenbook Duo memiliki dua buah layar 14 inci 3K 120Hz dengan spesifikasi yang mumpuni. Masing-masing layar adalah ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 sehingga menghasilkan warna yang akurat. Selain itu, layar Zenbook Duo bersertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi layar sentuh sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0. Cocok sekali untuk Tetangganet yang bekerja di bidang grafis.

Tahukah, Tetangganet, teknologi layar ganda yang ada di Zenbook Duo (UX8406) ini adalah teknologi layar ganda termutakhir yang telah dikembangkan ASUS selama enam tahun? Iya, lho, ternyata teknologi layar ganda sudah mulai dikembangkan ASUS sejak tahun 2018. Pertama kali diperkenalkan di Computex 2018 sebagai laptop konsep layar ganda Project Precog, laptop ini telah mengalami perkembangan yang konsisten selama enam tahun hingga sekarang menjadi produk ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang didukung ekosistem hardware, software, dan sistem operasi yang bisa mengoptimalkan penggunaan layar ganda seperti sekarang.

Dengan dua layar ini, Zenbook Duo dapat digunakan dalam 5 mode yang berbeda:
  1. Laptop Mode
  2. Desktop Mode
  3. Dual-Screen Mode
  4. Sharing Mode
  5. Laptop Mode dengan Virtual Keyboard
Kelima mode ini memberikan kita fleksibilitas dalam bekerja dan berkolaborasi.

ASUS Zenbook Duo dalam mode laptop


Zenbook Duo bisa dipakai dalam Laptop Mode, yaitu satu layar dan keyboard seperti normalnya laptop biasa. Layar kedua yang berada di bawah keyboard, tidak akan aktif selama Laptop Mode.

Ketika Tetangganet membutuhkan layar tambahan, tinggal lepas saja keyboardnya di atas layar kedua. Otomatis, keyboard akan berubah fungsi menjadi keyboard bluetooth dan Tetangganet bisa menggunakan dua layar dalam mode Desktop Mode atau Dual-Screen Mode. Dengan mode dua layar, Tetangganet jadi punya area kerja yang lebih luas. Dan tentunya bisa multitasking.

Ada beragam cara Tetangganet dapat memanfaatkan dua layar ini untuk multitasking. Misalnya ketika saya sedang nulis blog seperti sekarang. Tentunya perlu merujuk ke berbagai referensi, dong. Seringnya ribet banget tuh, harus pindah dari satu tab ke tab yang lain.

Nah, dengan memasang Zenbook Duo dalam Desktop Mode, saya bisa memiliki area kerja yang lebih luas. saya bisa meletakkan satu jendela khusus untuk draft saya, sedangkan berbagai referensi bisa saya buka secara bersamaan di layar yang lain. Seru, kan!

Selain asyik buat nulis, Desktop Mode ini juga asyik untuk browsing dan coding.
Zenbook Duo Desktop Mode


Anti Rebutan Laptop dengan Anak

Anak: “Bun, aku mau nonton kartun.”
Bunda: “Laptopnya sedang Bunda pakai kerja, Sayang. Nontonnya nanti ya.”

Apa adegan ini familiar di kehidupan Tetangganet? Sudah saatnya Tetangganet berhenti berebut laptop dengan anak. Pasang Zenbook Duo pada Dual Screen Mode, Tetangganet bisa dengan mudah bekerja di saat yang bersamaan dengan menemani anak nonton video kesenangannya pada saat yang bersamaan.

ASUS Zenbook Duo dalam Dual Screen Mode
Berbagi layar dengan Zenbook Duo pada Dual Screen Mode


Berdiskusi Tanpa Ribet dengan Sharing Mode

Ketika saya sedang mengajari adik saya belajar di depan laptop, rasanya ribet sekali karena saya harus duduk sangat dekat bersebelahan dengan adik saya dan menatap satu layar yang sama. Apalagi kalau saya sedang memberi les ke anak didik saya. Tambah canggung, deh. Akhirnya harus sering geser laptop agar nyaman dilihat bergantian.

Sharing Mode di Zenbook Duo memudahkan sekali berbagi layar yang sama dengan orang di depan kita. Cukup buka layar secara mendatar pada sudut 180°. Apa yang tampil di layar kita juga di’mirror’ di layar orang di seberang kita. Tidak perlu repot sering geser laptop.

Sharing Mode ini sangat membantu sekali ketika kita sedang perlu menjelaskan sesuatu dalam pertemuan empat mata. Misalnya saja jika Tetangganet sedang berdiskusi dengan klien, atau rekan kerja, atau seperti yang saya lakukan, ketika sedang mengajari privat. Masing-masing orang akan mendapatkan tampilan layar dengan orientasi yang sesuai ketika saling berhadapan.



Eh, Keyboardnya Ketinggalan di Rumah!

Tak perlu khawatir, Tetangganet. Layar kedua juga bisa berfungsi sebagai keyboard, lho. Melalui teknologi ScreenXpert, ASUS Zenbook Duo dapat digunakan pada Laptop Mode dengan Virtual Keyboard dan Virtual Touchpad. Teknologi ini cocok untuk para pengguna yang tidak mau ribet bawa-bawa keyboard (atau yang pelupa seperti saya).


Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara menggunakan laptop berlayar dua ini dalam berbagai mode? Saya sarankan langsung nonton video berikut, deh. Saya yakin Tetangganet pun bakal langsung masukkan laptop ini ke wishlist belanja bulan ini.

Mudah Dibawa WFA Kemana Saja

Mau WFA di rumah, di kantor, di kafe, bahkan di sela-sela acara arisan keluarga, ASUS Zenbook DUO (UX8406) sangat fleksibel dan dinamis. Walaupun terdiri dari dua layar, satu keyboard bluetooth, dan satu penyangga, laptop ini sengaja didesain agar tetap ringkas dibawa kemana saja. Bayangkan saja, bobot totalnya hanya 1,39 kg dengan ketebalan hanya 14,6 mm.

See? Hari gini masih gotong-gotong layar eksternal kemana-mana? No way!

Mesin Canggih Dukung Multitasking

Oke, dua layar artinya lebih banyak tugas yang bisa dikerjakan pada saat yang bersamaan, dong. Tapi prosesornya kuat nggak tuh?

Tenang, Tetangganet. Zenbook Duo (UX8406) merupakan laptop Intel® Evo™ Edition, dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H dengan chip Intel® AI Boost NPU. Tentu saja dirancang untuk mengimbangi multitasking dengan performa terbaik. Teknologi AI dalam laptop ini membuatnya lebih gesit, lebih hemat daya, dan lebih pintar dalam memproses aplikasi berbasis AI.

Langsung Siap Kerja dengan OS dan Office Original

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Dengan OS dan Office yang sudah terpasang, Tetangganet tinggal gunakan saja setelah membeli, tanpa khawatir biaya tambahan maupun instalasi software bajakan. Semua sudah disediakan di ASUS Zenbook DUO (UX8406).


Spesifikasi Lengkap ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Ingin tahu lebih detail spesifikasinya? Tetangganet bisa ekplor bagan berikut:


Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty




Bagaimana, Tetangganet? Tertarik dengan laptop layar ganda super canggih ini? Semoga Allah mudahkan kita mendapatkannya, ya. Aamiin.

Jangan lupa untuk terus berkarya, berdaya, dan memberikan manfaat bagi sesama dimanapun kita berada. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Wassalamu’alaykum!



Referensi

ASUS Zenbook Duo (UX8406) Product Knowledge
Foto diedit dengan Canva

0 Komentar