ASUS VivoBook 15 A516: Laptop untuk Belajar Online

Assalamu’alaykum, Tetangganet. Bagaimana kabar putra-putrinya sekolah online belakangan ini? Sudah pembagian rapor atau belum? Atau sudah ada yang putra-putrinya “tiba-tiba” lulus? Tak terasa sudah setahun lebih ya… Sampai-sampai tetangga sebelah ada yang bilang, ”Anakku sudah kelas 4 sekarang, tapi kelas 3-nya nggak kerasa.” Hihihi..

Bagaimanapun juga, saya apresiasi usaha Tetangganet mendampingi putra-putrinya selama belajar di rumah. Anda hebat! Sudah dengan sabar mengingatkan jadwal kelas daring setiap hari, mendampingi Ananda mengerjakan tugas-tugasnya, atau bahkan ikut belajar lagi bersama Ananda agar Ananda dapat memahami pelajarannya dengan baik. Pastinya banyak cerita ya tentang sekolah online tahun ajaran ini.

Sayangnya, wabah covid tak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Di saat orang-orang sudah mulai memiliki kebiasaan baru, kini kasus covid semakin meningkat seperti diberitakan di berbagai media. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah.

Artinya, kemungkinan besar, sekolah online akan terus berlanjut. Walaupun di beberapa daerah sudah ada yang membuka sekolah-sekolahnya untuk pertemuan tatap muka, tapi orangtua tetap boleh memilih antara belajar daring dari rumah, atau mengizinkan anak-anaknya untuk berangkat ke sekolah. 

Perlu bagi orangtua dan anak mengevaluasi kegiatan belajar Ananda di tahun ajaran lalu dan bermusyawarah untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk tahun ajaran mendatang. 

Salah satu yang perlu dipertimbangkan tentunya kebutuhan peralatan belajar bagi Ananda. Dalam hal belajar online, tentunya salah satu yang paling utama adalah laptop yang mumpuni. Apakah laptop yang lama masih cukup kuat untuk aplikasi telekonferensi selama seharian penuh? Apakah aplikasi pembelajaran yang dipakai selama ini dapat berjalan dengan lancar? Apakah kini telah dibutuhkan laptop yang lebih mampu untuk mengolah video-video menjadi tugas hasil karya digital yang cantik? Ataukah sekarang Ananda mulai mendalami proyek-proyek yang membutuhkan laptop yang bertenaga?

Jika Tetangganet sedang mempertimbangkan untuk membelikan Ananda sebuah laptop yang lebih mumpuni, saya ingin menyarankan laptop ASUS VivoBook 15 A516. Kenapa saya sarankan laptop ini?

1. Layar yang Lebar

Seharian berada di depan laptop tentukan akan membuat mata Ananda menjadi cepat lelah. Bayangkan saja, di luar pertemuan daring dengan guru/dosen, Ananda masih harus membaca buku teks yang sekarang ini mayoritas berbentuk e-book. Ditambah lagi mengerjakan tugas-tugas yang tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi di depan layar.

Ini yang saya suka dari Laptop ASUS VivoBook 15 A516. Laptop ini memiliki layar 15.6 inch dan 178° viewing angle, salah satu yang paling lebar di antara laptop ASUS lainnya.

Layar yang lebar tentunya sangat bermanfaat untuk mengurangi kepenatan mata ketika membaca maupun ketika sedang mengerjakan tugas. Tulisan tangan pada whiteboard digital ketika guru sedang membagikan layar pun pastinya lebih jelas terbaca.

Jika Ananda masih duduk di bangku sekolah dasar, dengan layar yang lebar, Tetangganet dapat mendampingi dan mengawasi dengan lebih leluasa.

Selain itu layar ASUS VivoBook 15 A516 memiliki lapisan anti silau. Jadi ketika Ananda sedang mengerjakan tugas di luar ruangan, penglihatannya tidak akan terganggu.

2. Ruang Penyimpanan yang Besar

Laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki dua ruang penyimpanan yang besar. Masing-masing Solid State Disk (SSD) hingga 256 GB. dan Hard DIsk Drive (HDD) hingga 1 TB. Dengan ruang penyimpanan sebesar ini, Tetangganet dapat dengan nyaman menyimpan semua video pembelajaran dan semua tugas sekolah Ananda tanpa takut kehabisan memori.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

3. Performa yang Tangguh untuk Belajar Online

Mungkin Tetangganet juga pernah mendengar keluhan seperti ini, “Laptopku lemot…,” atau “..berat kalau dipakai aplikasi …”. Jadi susah kan belajarnya, jika laptopnya tidak mendukung… 

Untungnya laptop ini memiliki RAM hingga 8 GB dan juga teknologi Wifi generasi terbaru, sehingga performanya sangat baik, bahkan untuk aplikasi telekonferensi yang digunakan sepanjang hari selama belajar online.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

4. Aplikasi Office Asli

Ilmu yang berkah dimulai dari software original. Hihihi.. Iya dong, bagaimana kita mengharapkan ilmu yang didapat itu berkah jika alat yang digunakan adalah hasil bajakan?

Tenang, ASUS VivoBook 15 A516 telah menyediakan aplikasi Office asli versi lengkap. Pokoknya belajar jadi lebih tenang.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

5. Tipis dan ringan

Kalau deskripsinya seperti di atas, pasti laptopnya besar dan berat dong?

Nggak juga kok, laptop ini termasuk ringan lho, hanya 1,8 kg. Tetangganet bisa lihat dari gambar di bawah ya.. Selain ringan, laptop ini juga tipis. Sehingga tidak berat jika nanti perlu dibawa kemana-kemana.

6. Harga yang Setimpal dengan Manfaat yang Diberikan

Untuk laptop secanggih ini, seberapa dalam kita harus merogoh kocek? Tergantung dari detail spesifikasi yang kita pilih, laptop ini berapa pada kisaran harga Rp 5 juta – Rp 11 jutaan. Selengkapnya bisa Tetangganet kepoin langsung ke websitenya ASUS Indonesia ya..

Memang agak mahal sih, tapi kalau dilihat dari manfaat yang bisa kita dapatkan, menurut saya setimpal kok. Apalagi, selain untuk belajar online, laptop ini bisa dipakai seluruh anggota keluarga. Jadi kalau Tetangganet mau mulai mendalami blogging atau mau coba-coba jadi konten kreator di sela-sela waktu luang, bisa banget!

Masih kemahalan juga? Tetangganet bisa coba ikuti lomba blog ASUS. Ada kesempatan mendapatkan 1 laptop ASUS VivoBook 15 A516 atau ASUS VivoBook 15 A509 bagi 10 orang pemenang. Keterangan lebih lanjut, bisa dicek di blog Kak Dewi Rieka. Semoga beruntung ya…

Tahun ajaran baru akan mulai sebentar lagi. Mari kita persiapkan anak-anak kita agar tahun ajaran depan menjadi pengalaman belajar yang tak terlupakan bagi mereka. Tetap semangat, Tetangganet! Saya undur diri dulu ya.. Wassalamu’alaykum.. 

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

0 Komentar