Merencanakan Liburan Bermanfaat

 

menyusun kegiatan bermanfaat selama liburan

Assalamu’alaykum, Tetangganet! Sudah mulai liburan belum? Beberapa Tetangganet yang kerja kantoran atau masih sekolah atau kuliah, pasti nunggu-nunggu masa liburan nih.

Alhamdulillah, mulai minggu depan, saya akan dapat jatah libur selama sekitar 20 hari hingga akhir Juni. Yeay! Liburnya kok lama? Iya, di institusi kami libur memang dirancang lama, agar banyak dari rekan-rekan yang berasal dari berbagai pelosok dunia bisa merasakan pulang kampung. Hehe..

Sayangnya, liburan saya yang panjang ini tidak berbarengan dengan waktu liburan suami. Hmm.. jadi bagaimana dong, tidak bisa pulang kampung bareng juga? Akhirnya, saya memutuskan untuk menyusun kegiatan selama liburan sementara stay di rumah di waktu liburan.

Kegiatan apa yang sudah saya rencanakan untuk liburan kali ini? Saya ingin sedikit spill ke Tetangganet ya. Semoga bisa jadi inspirasi juga untuk Tetangganet yang mau merencanakan liburan di rumah saja.

1. Ikutan OPREC ODOP Batch 10

Menjelang liburan, ada teman blogger yang memberi pengumuman tentang open recruitment komunitas one day one post (Oprec ODOP) angkatan 10. Komunitas one day one post adalah komunitas penulis (termasuk di antaranya para blogger) yang tujuannya membangun konsistensi menulis. Setiap hari wajib menulis satu postingan di blog masing-masing.

Pas sekali nih, dua blog saya sudah lama tidak di-update, sudah seperti rumah tak terawat yang penuh sarang laba-laba. Hehe… Kebetulan juga waktu libur 20 hari, bisa dipakai untuk membuat stok tulisan sebanyak-banyaknya. Setelah itu.. Ta daaa.. Kerjaan kantor menunggu. Hehehe..

Gabung ke komunitas adalah salah satu cara supaya kita bisa konsisten. Selalu ada teman yang mengingatkan. Tak melulu tentang blogging. Bidang apapun yang Tetangganet ingin istiqomah di dalamnya, saya sarankan gabung ke komunitas yang sudah ada. 

Kalau belum menemukan komunitas seperti itu bagaimana? Bisa kok, bangun komunitas sendiri dengan mengajak beberapa teman yang memiliki minat yang sama.

2. Make over kebun belakang

Sudah lama sekali nampaknya, saya membiarkan kebun belakang tumbuh liar. Mumpung sedang liburan dan sedang semangat semangatnya berkebun, saya mau make over kebun belakang agar lebih rapi. Kira-kira harta karun apa saja yang bakal saya temukan dari kebun minim perawatan tersebut ya? Hmm.. Nggak sabar ingin tahu hasilnya.

3. Jadi sukarelawan mengajar matematika

Selain dua kegiatan yang hanya butuh stay di rumah, nampaknya saya perlu juga nih kegiatan yang butuh keluar-keluar. Kebetulan di institusi kami ada program persiapan untuk anak-anak yang akan masuk ke sekolah. Bentuknya matrikulasi Bahasa Inggris dan Matematika.

Saya memang bukan guru Matematika, tapi untuk mengajar keahlian matematika dasar bisalah..Hehehe.. Maka saya mengajukan diri untuk ikut mengajar sebagai sukarelawan.


Dari tiga kegiatan di atas, semoga bisa memberikan manfaat, selain untuk saya sendiri, juga untuk orang lain. Jangan sampai waktu libur 20 hari hanya habis untuk rebahan sambil scrolling media sosial. Waktu itu berharga, Fergusso! 

Sekian dari saya, semoga bisa menginspirasi Tetangganet merancang kegiatan yang bermanfaat di masa liburan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Wassalamu’alaykum!

0 Komentar