Michelin Ban untuk Kenyamanan Mudik Lebaran

 



Assalamu’alaykum, Tetangganet, bagaimana kabarnya hari ini? Tidak terasa kita sudah memasuki pertengahan bulan Ramadan. Idul Fitri telah menjelang. Sudah saatnya untuk mempersiapkan berbagai keperluan mudik, salah satunya kendaraan.

Bagi Tetangganet yang hendak menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik nanti, kita harus benar-benar mempersiapkannya dalam keadaan prima. Hendaklah benar-benar mengecek masing-masing komponen kendaraannya dengan seksama, terutama rem, lampu, ban, oli, dan lain sebagainya.

Jika akan melakukan perjalanan jauh atau banyak menggunakan kendaraan selama bersilaturahim di kampung halaman, ada baiknya melakukan servis sebelum berangkat dan mengganti ban dengan yang baru. Tentu saja kita ingin menghindari kejadian tak terduga di tengah perjalanan. Sangat menyebalkan, bukan, jika di tengah perjalanan tiba-tiba bannya bocor. Apalagi jika kebetulan berada di daerah yang jauh dari tukang tambal ban. Duh, sedih deh, pokoknya! Harus jalan kaki sambil dorong motor.

Tips Ganti Ban Sebelum Mudik

Setelah suatu kali diajak suami keliling cari ban yang cocok dengan motor kami, saya baru tahu kalau ternyata untuk ganti ban motor tidak se-simple yang saya bayangkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar motor pun nyaman dikendarai.

1. Memilih ban sesuai dengan spesifikasi kendaraan

Setiap motor memiliki spesifikasi ban tertentu. Motor matic memerlukan ban yang berbeda dengan motor bebek, apalagi motor sport. Demikian pula ban depan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan ban belakang. Bukan saja ukuran ring yang menentukan, tetapi setiap jenis ban akan memberikan daya cengkeram (traksi) yang berbeda. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kecepatan, penggunaan bahan bakar, dan keselamatan berkendara.

2. Pertimbangkan medan perjalanan

Sebelum membeli ban, Tetangganet perlu mempertimbangkan medan yang akan dilalui. Apakah nantinya akan lebih banyak melewati jalan raya beraspal, ataukah lebih banyak melalui jalan-jalan tanah yang sempit. Pilihan ban Tetangganet tentunya akan sangat mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan perjalanan.

3. Memilih ban dari merek terpercaya

Pilihlah ban dari merek terpercaya seperti michelin ban yang sudah terjamin kualitasnya. Lebih jauh tentang ban michelin, saya paparkan di bawah ya. Yuk, lanjut scroll.

4. Membeli ban dari toko ban yang terpercaya

Setelah memilih tipe ban yang akan dipakai, pastikan Tetangganet membelinya dari penyedia ban yang terpercaya. Mengapa begitu? Dengan membeli dari toko ban terpercaya, Tetangganet bisa memastikan bahwa ban yang dibeli adalah produk original. Selain itu, biasanya mereka juga menyediakan layanan pemasangan oleh mekanik yang profesional.

Misalnya di Planet Ban, Tetangganet bisa membeli ban dengan gratis pemasangan oleh mekanik profesional, bisa sekalian cek motor gratis pula.

5. Konsultasikan dengan mekanik profesional

Jika Tetangganet masih bingung dalam menentukan tipe ban yang akan dibeli, Tetangganet bisa berkonsultasi dengan mekanik profesional yang sudah berpengalaman menangani motor seperti motor Tetangganet. Saya yakin, mereka akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan tiap tipe ban dengan senang hati.

Michelin Ban

Tentunya Tetangganet sudah pernah tahu merek Michelin. Sebagai merek ban yang dipakai di ajang balap bergengsi MotoGP, tentunya Michelin ban memiliki kualitas yang teruji.

Michelin menyediakan berbagai tipe ban motor, mulai dari tipe matic, bebek, maupun sport. Misalnya tipe Pilot Street yang bisa digunakan untuk motor matic ring 14 seperti Beat, Mio, atau Fino. Jenis ban ini nyaman digunakan untuk berkendara sehari-hari di jalan raya. Ada juga tipe City Grip yang memiki daya cengkeram yang kuat karena memiliki Progressive Sipe Technology (PST) yang dipatenkan.

Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Rp 337.000 hingga Rp 2.899.000 (dilansir dari situs web Planet Ban tanggal 24 Maret 2024, harga dapat berubah, selalu cek harga terkini). Pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

Semoga Tetangganet dapat menjalani mudik kali ini dengan aman dan nyaman. Jangan lupa selalu cek kendaraan sebelum berangkat, ya. Hindari membawa barang bawaan melebihi kapasitas kendaraan. Jaga kesehatan dan beristirahatlah ketika sudah mulai merasa ngantuk ataupun lelah.

Sampai jumpa di postingan berikutnya. Wassalamu’alaykum.




Referensi:
https://planetban.com/ban/michelin
https://www.michelin.co.id/
Foto sampul by Ambitious Studio* - Rick Barrett on Unsplash

12 Komentar

  1. ban michelin memang kualitasnya tidak hanya bagus tetapi juga awet, untuk harga di Planet Ban masih ramah dikantong, terima kasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  2. Jadi inget pas kemarin kemarin ganti ban motor, mekaniknya nanya mau pake ban apa. Eh, karena kurang paham tentang ban ini, jawabnya terserah kang mekanik aja lah.. haduh. Coba baca referensi ini duluan, ya.

    BalasHapus
  3. Ban ini memang nyawa dari sebuah kendaraan ya mbak.. Apalagi kalau mau mudik lebaran seperti ini.. Memang harus bener" teliti untuk cek kondisi kendaraan khususnya ban motor..

    BalasHapus
  4. Setelah baca artikel ini, saya baru tahu adsnya ban Michelin. Mengganti dan memeriksa ban motor secara rutin sangatlah penting, demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

    BalasHapus
  5. Saya juga pernah mengantar suami ganti ban di Planet Ban. Pilihan bannya banyak, jadi tidak perlu khawatir tidak tersedia. Merknya pun berkualitas semua, salah satunya Michelin.

    BalasHapus
  6. Michelin Ban emang ban berkualitas ini. Udah terbukti jadi partner MotoGP. Kalau ganti ban, udah pasti milih Michelin Ban aja deh. Insya Allah tangguh dipakai buat mudik.

    BalasHapus
  7. ini di planet ban menyediakan Michelin ban ya kak ? bisa sekalian pasang disana dan tanya ini itu tentang kesehatan motor..Mumpung massanya pada mudik

    BalasHapus
  8. Wah thanks kak, Saya yang tipe orang gak begitu perhatian dengan merk ban kalau lagi ganti ban. Selalu Pasrah sama bengkel. Jadi punya referensi kalau nanti ganti ban lagi. Michelin ban sepertinya oke nih... wajib dicoba..

    BalasHapus
  9. Kalo udah bunyi merek Michelin, aku udah percaya sih kualitasnya, nggak perlu diragukan lagi. Ada harga, ada kualitas. Temen2 kalo aku tanya ganti ban, disuruh ganti Michelin ini. Emang paling enak beli ban di Planet Ban ya mbak, bisa konsultasi tanya2, terus sekalian masangin juga, hehe. Pilihannya banyak pula, nggak 1 merek aja. Jadi bisa menyesuaikan sama budget kita juga.

    BalasHapus
  10. Saya lihat beberapa jenis Michelin Ban, ternyata lengkap banget dan paling senang kualitasnya yang bisa untuk segala medan juga

    BalasHapus
  11. Yup ban jadi penentu perjalanan jadi aman dan lancar sehingga selamat sampai tujuan

    BalasHapus
  12. Bicara kualitas ban jawabannya pasti Michelin. Kualitasnya sudah terbukti, dan produknya bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana. Salah satunya di Planet Ban. Lalu, yang bikin jatuh cinta sama Michelin tentu kualitas dan inovasi teknologi dalam setiap produknya yang bikin berkendara makin asik, seru, dan aman.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar, tapi bukan link hidup ya